Ternyata Ini Alasannya Mengapa Logo Honda untuk Mobil dan Motor Berbeda?

Mungkin ini pernah terbersit dipikiranmu, mengapa logo Honda untuk mobil dan motor itu tidak sama alias berbeda.

alasan mengapa logo honda untuk motor dan mobil berbeda

Bahkan mungkin kamu tahu logonya berbeda, namun tidak terlalu memikirkannya, dan tidak terlalu ingin tahu apa yang menjadi alasan mengapa logo Honda di motor dan mobil itu berbeda.
Baca: Honda Siapkan PCX dengan Mesin dan Rangka Baru
Kita tentu tahu, pengguna motor yang paling banyak di Indonesia adalah pengguna motor Honda.

Begitu juga untuk mobil, penggunanya pun terbilang cukup banyak.

Alasan Logo Honda di Mobil dan Motor Berbeda

Namun mereka semua belum tentu tahu mengapa logo Honda untuk motor dan mobil itu berbeda atau tepatnya dibedakan.

Jadi, kita semua pasti menyadari bahwa logo Honda untuk Motor dan mobil itu berbeda. Nah pertanyaannya adalah apa yang menjadi alasan logo Honda itu harus berbeda?

Logo Honda untuk mobil, menggunakan huruf "H", sedangkan logo Honda untuk motornya menggunakan logo "sayap".

Perbedaan logo Honda ini tidak hanya berlaku untuk di Indonesia saja, tapi berlaku secara global.

Jadi jika ada yang mengira bahwa perbedaan logo Honda di motor dan mobil itu karena adanya perbedaan agen pemegang merek, yakni untuk mobil PT Honda Prospect Motor (HPM) dan untuk motor PT Astra Honda Motor (AHM) itu salah.

Perbedaan logo Honda di motor dan mobil itu dimulai dari logo motor, yakni logo sayap mengepak.

Untuk mengetahuinya kita harus kembali lagi ketahun 1948, tiga tahun setelah kota Hiroshima dan Nagasaki dijatuhi bom atom oleh AS.

Sejarah Logo Mobil dan Motor Honda

Tepatnya pada tanggal 24 September 1948, pendiri/ founder Honda Soichiro Honda mendirikan pabrik motor pertamanya yang diberi nama Honda Motor Company.

Soichiro Honda ini sangat mengagumi Dewi Nike

Saat membuat pabrik motor pertamanya, Soichiro Honda terinspirasi dengan Dewi Nike (Nenikhamen), yakni dewi yang berasal dari mitologi Yunani.

logo motor honda dari waktu ke waktu

Dewi Nike ini memiliki sayap besar di punggungnya. Dewi Nike merupakan dewi yang dihubungkan dengan kemenangan dan keberhasilan.
Baca: Modifikasi PCX ala Superhero Marvel
Dewi Nike inilah yang menginspirasi Soichiro Honda yang bermimpi memiliki sebuah produknya sukses didunia.
logo motor honda dari 1988 hingga sekarang
Logo Motor Honda 1988 sd. sekarang
Jadi logo Honda yang paling awal diciptakan oleh pendiri Honda adalah logo sayap mengepak.

Pertanyaannya adalah, dari mana logo huruf "H" itu datang untuk produk mobil Honda tersebut?

Tidak menggunakan logo sayap mengepak yang merupakan logo awal dan pertama dari produk Honda?

Kamu bisa menemukan jawaban mengapa logo Honda untuk motor dan mobil itu berbeda di buku Car Emblems, The Ultimate Guide to Automotive Logos Worldwide karangan Giles Chapman yang diterbitkan oleh Chartwell Books.

Jadi jawaban mengepa logo Honda untuk motor dan mobil itu berbeda ada di buku karangan Giles Chapman tersebut.

Nah, dari pada kamu pusing dimana mencari buku Car Emblems hanya untuk tahu mengapa logo Honda bisa berbeda untuk motor dan mobil, kami akan ulas disini, jadi kamu tidak perlu repot mencari buku Giles Chapman tersebut.

Jadi sejarahnya begini!

Founder Honda, Soichiro Honda pada tahun 1948 merintis karirnya dalam membuat produk motor sehingga menjadi merek paling terkenal saat ini baru mulai membuat mobil pada tahun 1962.

perubahan logo mobil honda

Artinya, setelah empat belas tahun kemudian baru ia membuat mobil dengan produksi mobil pertamanya dikenal dengan Honda S360 dan Honda T360.

Nah, Soichiro Honda tidak ingin logo yang dibuatnya untuk motor dipasang untuk produk mobilnya, jadi dicarilah logo khusus untuk mobil Honda.

Pada tahap-tahap awal desain logo Honda, tidaklah seperti yang kita kenal saat ini.

Desain awal logo Honda untuk produk mobilnya memang sudah berbentuk huruf H, namun tidak seperti huruf H yang kita lihat saat ini.

perubahan logo mobil honda

Huruf H pada desain awal logo Honda lebih lebar dan masih terlihat seperti sayap yang mengembang.

Logo ini bahkan ketika dilihat di produksi mobil pertama Honda yakni T360, huruf H nya malah lebih ke motif mobil bukan logo atau emblem, karena saking besarnya.

Honda memang sengaja memilih logo yang sederhana berupa huruf H untuk mobilnya karena sebagai produk Jepang, mereka ingin terlihat bergaya mobil Amerika yang sering sekali logonya cuma huruf.

Walaupun Honda ingin logonya sederhana berupa huruf seperti produk-produk mobil dari Amerika, Soichiro Honda masih tetap ingin sayap mengembang ada disana.

Sehingga jika kita perhatikan lebih lanjut lagi untuk logo huruf H diproduk pertama mobil Honda, logo huruf H tersebut lebih lebar diatas dibandingkan bagian bawahnya.
Baca: Fitur-fitur Baru All New Honda BeAT 2020 
Sehingga jika diperhatikan tetap terlihat seperti sayap yang terkembang, dengan harapan produk mobil mereka pun ikut berkembang seperti produk motornya.

logo mobil honda sekarang

Namun, jika tetap diperhatikan lagi, logo mobil Honda tersebut terlihat juga seperti orang yang sedang berdoa menengadahkan tangannya kelangit.

Seakan-akan seperti orang yang optimis menghadapi dunia dan mengejar mimpi-mimpinya.

Yup, tepat sekali, karena memang itulah makanya, dan itulah yang menjadi keinginan Honda sesuai dengan motto mereka 'The Power of Dreams'.

Seperti halnya logo sayap di moror Honda yang terus mengalami perkembangan, logo mobil Honda pun ikut berkembang hingga menjadi huruf H yang kita kenal sekarang.

Begitulah sebenarnya sebuah logo atau simbol dibuat. Menyiratkan harapan, keinginan, impian dan motivasi untuk terus maju dan berkembang.
Honda Bangka
Honda Bangka Semua tentang motor Honda

Tidak ada komentar untuk "Ternyata Ini Alasannya Mengapa Logo Honda untuk Mobil dan Motor Berbeda?"